Friday, December 18, 2015

Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di SDN Cengkareng Timur 21 Pagi Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building: Profesional Development bersama Teach For Indonesia

a.       Nama Kelas        : LA25-LEC
Nama Dosen      : Murty Magda Pane
KodeDosen        : D3371
b.      Hari                        : Selasa
Tanggal                 : 13 Oktober 2015
Waktu                   : Pukul 9 pagisampaidenganselesai
Lokasi                    : SDN CengkarengTimur 21 Pagi
Jalan Outer Ring Road KayuBesarCengkarengTimur, Cengkareng
                      c. PIC di lokasi        : Pak Nana selaku Tata Usaha

Halaman Sekolah

Gerbang Sekolah

Persiapan


Pada hari selasa tanggal 13 oktober 2015, kelompok kami melakukan kunjungan kedua kalinya ke smp yang berlokasi di jagakarsa untuk melakukan pengecekan 8355. Karena sebelumnya kita sudah pernah berkunjung kesini, kedatangan kami ini sudah disambut dan dikenal oleh pihak  sekolah tersebut. Sesampainya disana kita langsung ke ruang tatausaha, pak nana yang membantu kita dalam melakukan kegiatan 8355 ini. Ia menyiapkan data yang kita butuhkan setelah itu kelompok kita mencocokan data untuk dimasukan kedata kami. Kunjungan kali ini bisa dibilang tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama karena semua data sudah tersedia dengan lengkap.

Penerapan Teori Character Building

Melalui mata kuliah character building, banyak pengetahuan positif yang bisa dipetik dan direnungkan bagaimana sehari-hari kita berlaku kepada orang lain dan bagaimana seharusnya kita sebagai manusia sosial harus berlaku agar tetap menempel pada etika – etika yang sudah terbentuk , baik dalam lingkungan kecil maupun sampai lingkungan yang lebih luas. Beberapa teori yang diajarkan melalui mata kuliah character building bisa menuntun kita kembali untuk memikirkan etika dalam bertindak.  Beberapa teori yang telah diajarkan di kelas diantaranya adalah teori dalam beretika, isi dari teori beretika ada utilitarianism yang mengenai suatu perbuatan itu baik jika bisa menyenangkan orang banyak dimana teori ini mengajarkan kita senantiasa untuk berbuat baik sehingga ada dampak positif yaitu menaruh senyuman kepada orang di sekeliling kita . Sedikiti berbeda dari utilitarianism, duty based ethics berbicara mengenai kewajiban yang kita jalankan atau secara sadar kita anggap itu sebuah kewajiban lalu kita lakukan berarti kita sudah duty based ethics dengan benar. Ada kewajiban maka ada juga hak, dimana menunjukan bahwa kita semua punya hak yang sama walaupun tingka strata berbeda-beda. Tiga bahasan diatas merupakan yang lebih mudah untuk diingat dan dilakukan dan bisa kita lakukan sehari-harinya. Topik bahasan yang dibahas oleh mata kuliah character building semester ini akan lebih mengarah kepada etika dan berhubungan dengan lingkup kerja . Maka dari itu teori yang bisa direlasikan dengan tugas yang mengharuskan kami untuk berkunjung ke sekolah – sekolah negeri ialah yang diatas yang sudah dibahas singkat diatas. Walaupun mayoritas yang ada di sekolah negeri itu kurang mampu tapi sebetulnya mereka mempunyai hak yang sama contohnya mereka mempunyai hak untuk hidup, menempuh pendidikan , dan mendapat pekerjaan nantinya. Salah satu hal yang kami lakukan dalam kunjungan ke sekolah – sekolah negeri merupakan untuk validasi mengenai Kartu Jakarta Pintar dalam hal ini fungsi dari KJP yaitu dibagikan untuk pelajar kurang mampu supaya mereka tetpa bisa lanjut sekolah walaupun mereka terkendala biaya maka dari itu pemerintah membantu mereka untuk mendapatkan hak mereka yaitu bersekolah . Selain untuk biaya sekolahnya gratis , mereka juga dapat menggunakan kartu itu untuk membeli peralatan sekolah untuk menunjang pendidikan mereka dan mereka akui KJP sangatlah membantu mereka dan sangat bersyukur.

Proses pengecekan 8355 :

                Proses pengecekan 8355 diawali dengan pihak sekolah yang sudah menyiapkan data yang telah sebelumnya kami minta. Lalu, kami mencocokkan data pihak sekolah dengan data yang diberikan oleh TFI. Dan setelah pengecekan dilakukan, tidak ada perbedaan antara kedua data sehingga memperlancar proses pengecekan.

Hal positif :

           Pihak sekolah sudah menyiapkan data 8355 sehingga memperlancar proses pemeriksaan dan membuat proses pengecekan menjadi cepat.

Hal yang kurang baik :

          Sekiranya untuk pengecekan 8355, tidak ada hal yang kurang baik karena pengecekan berjalan dengan sangat lancar dan tidak ada perbedaan data antara pihak sekolah dengan data yang kami dapat dari TFI.

Kesimpulan:


Aktivitas pengecekan 8355 berjalan dengan lancar walaupun sedang ada acara pemeriksaan gratis oleh puskemas keliling dana dan kunjungan walikota. Pihak sekolah dapat dikatakan menyambut dan bersikap ramah menerima kami di sekolahannya. Dan juga anggota kelompok kami bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada masing-masing orang. Proses pengecekan 8355 berjalan lancar dan efektif.








No comments:

Post a Comment